Belajar dari Kesalahan (Be the best version of you✨)

by - April 17, 2021


Jadi kemarin gue dipilih jadi MC agenda Taklim Ramadan. Tapi dadakan, pas pemateri udah duduk cantik di depan peserta. Sempet ngedumel sama PJ acara, kenapa ga bilang dari kemarin. Sebenarnya gue udah biasa ngeMC, tapi harus ada persiapan wkwk (sama aja boong haha). Tibalah kemarin, gue ngeblank dan ada beberapa kalimat yang dikoreksi oleh pemateri. Kebetulan, pematerinya itu Dosen yang mumpuni di bidang bahasa. Jadi, agak malu juga. Jadi gini, menurut beliau kemarin ada kalimat yang kurang tepat bahkan salah jika digunakan dalam menjadi pembawa acara. 

Contoh : Baik, acara selanjutnya adalah pemateri yang akan disampaikan oleh Bapak Ertugrul. Kepadanya waktu dan tempat dipersilakan. Tot tetttttt... 
Gue kemarin sempet bingung, lidahnya keseleo jadi salah. Malunya pake banget. Belajar bahasa tapi pas jadi MC ngomong gitu doang kurang tepat. Bukan salah sih,tapi ga pas aja gitu. Pak Suhardi bilang, Ada beberapa kalimat yang sebaiknya digunakan dan tidak digunakan.
 
Diantaranya : 
Waktu dan tempat dipersilakan   ✘ 
Kepada Bapak Dogan Alp kami persilakan    ✓ 
Kepada Bapak Kepala Bey Kafilah Kayi kami persilakan    ✓ 
Waktu dan tempat kami sediakan    ✓ 

Ternyata selama ini kurang tepat. Jujur siyyy, gue sebenarnya agak rancu juga dengernya. Dan gue tahu kalau itu tuh ga pas, mau cari tahu tapi selalu lupa dan malas. Ini nih kebiasaan buruknya, harusnya segera dicari tahu kan. Tapi, Allah ngasih ilmu lagi lewat Pak Suhardi. Alhamdulillah lega juga, bisa lebih baik buat jadi MC lagi :D. Belajar kek gini tu sebenarnya asik, apalagi kalau dapat ilmu dari sebuah kesalahan. (Bukan berarti harus nyari kesalahan terus ya :P). Gue pernah mikir, gimana kalau manusia itu ga ada salah-salahnya. Mulusssss banget hidupnya. Macam malaikat tapi ga ada sayap (Kalau ada sayap, ribet juga mau mandi. Kamar mandi pasti ga muat, kudu nyiapin biaya lagi karena kamar mandi kecil). Bentar ini kok malah ke kamar mandi sih bahasannya ? Kalau manusia baik semua apa jadinya? (Tolong dijawab pertanyaan ini, Mas 😂). 

Baiklah, aku akan mencari tahu jawabannya~ 
Oke lanjut, Jadi materi Taklim Ramadan itu sebenarnya ga membosankan, menurut gue. Karena yang dibahas random tapi berbobot. Biasanya gue selalu ada partner buat berburu seminar, workshop atau mini talk dengan pembicara waktu zaman kuliah dulu dan partner gue hafal betul bila temannya ini selalu ngantuk padahal mikrofon baru dipegang pemateri. Nah, sekarang hamdalah gue belum pernah ngantuk wk. Jadi aman. Malu aja sih kalau ngantukan apalagi taklimnya cuma berdua/bertiga (Gue, Ajeng dan Zah Lesi). Belum lagi kegiatan taklim ini tuh cuma kita bertiga yang akhwat, sisanya ikhwan-ikhwan. Kesempatan yang Allah kasih bener-bener bikin gue bahagia dan bersyukur banget, dari dulu pengen gitu ikut majlis. Tapi, kebanyakan tapinya. Praktikum lah, bikin laporan lah, mau bimbingan lah dll. Sekarang nih, udah Allah kabulin buat ikut taklim. Meskipun ga seabrek langsung, ya seenggaknya jiwa-jiwa yang sering khilaf ini perlahan-lahan adem ayem karena siraman rohani he he he. 

Pesan Pak Suhardi : Jangan hanya menitikberatkan pada sebuah nama yang bagus, tapi isinya tak ada. Intinya, kalau bagus di cover doang isinya zonk percuma. Mendingan covernya bagus, isinya juga diperbaiki biar lebih bagus. TOP MARKOTOP... 
But, gak langsung sim salabim semuanya berubah. Perlu proses, dari proses itulah nilai-nilai bertambah. Bagai iceberg, ada banyak hal yang tidak orang lain tahu. Tapi kita yang lebih tahu. So, be the best version of you.

You May Also Like

0 comments