About My Skincare Routine

by - Maret 27, 2022


Halo teman-teman, kali ini aku ingin berbagi ulasan mengenai produk perawatan kulit sehari-hari yang aku pakai. Setelah berbagai macam aku coba, akhirnya aku menemukan mereka yang pas di kantong dan juga cocok di kulit wajahku oh ya jenis kulitku normal to combine yaa. Selain itu mencari skincare, yang perlu diperhatikan adalah kandungan di dalamnya. 

Oke langsung saja, ya...

First Cleanser

Aku menganut dua tahapan dalam membersihkan wajah. Pertama kali setelah beraktivitas seharian di luar rumah, aku menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water Biru. Tahap yang dikenal dengan double cleansing ini benar-benar membantuku dalam mengatasi permasalahan kulit wajah yang pernah aku miliki yaitu : bekas jerawat dan komedo. Hamdalah komedo bisa dituntaskan asal digunakan secara rutin dan tidak malas-malasan. Tekstur cleanser ini bener-bener seperti air dan no fragrance. Hanya saja setelah menggunakan ini, kita sebaiknya segera membasuhnya dengan air ya! Apalagi ketika bekerja aku menggunakan bedak yang tentunya membuat wajah akan meninggalkan sel kulit mati bila tidak dibersihkan dengan dua tahapan.

Harga Garnier Micellar Water Blue (125ml) : Rp36.500

Second Cleanser



Nah kalau second cleanser ini hanya aku gunakan di malam hari sebelum tidur. Produk kecintaan aku ketika wajahku bermasalah (gara2 cheating makanan yang berlebihan alias makanan yang masuk perut ga sehat) aku menggunakan Cosrx Salicylic Acid Gentle Cleanser. Tapi, kalau keadaan kulit wajah baik-baik saja aku pakai Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel. Jadi, kalau pagi hari aku tidak menggunakan pembersih muka. Bangun tidur, langsung wudhu. Aku tahu metode ini dari seorang beauty influencer @kinans.review. akhirnya aku mencobanya dan baru menerapkan selama satu tahun belakangan. Untuk hasilnya membuat kulitku jarang bermasalah. Selain itu membantu dalam menjaga kelembaban dan mengontrol sebum di wajah. Biasanya kalau wajah terasa kusam dan lengket karena seharian keluar artinya kena polusi dll, aku pakai dua kali ketika mandi sore dan sebelum tidur. 

Tekstur Cosrx Salicylic Acid Gentle Cleanser ini seperti pasta dan memiliki busa apabila diberikan air. Busanya cukup banyak tapi tidak membuat kulit wajah kering. Sangat bagus digunakan ketika wajah sedang break out. Karena esok paginya beberapa jerawat kecil-kecil yang pernah singgah langsung kempes setelah aku menggunakan produk ini. Aromanya seperti obat dan ada sedikit sitrus. Tapi, tidak terlalu kuat hanya samar-samar. Bagi yang memiliki kulit sensitif dan kering tidak masalah bila menggunakan ini tapi jangan terlalu sering. Aplikasikan secara berselang karena ini mengandung salicylic acid sehingga kalau terlalu banter buat cuci muka a.k.a keseringan bisa membuat kulitmu kering! Packagingnya berwarna putih dan menurutku untuk ukuran 150ml itu sangatlah besar. Aku saja butuh waktu 10 bulan menghabiskannya :D, lumayan hemat kan...

Tekstur Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel sama sekali tidak berbusa. Tidak ada wewangian yang ditambahkan sehingga aman bagi yang kulitnya sensitif terhadap fragrance. Setelah diaplikasikan di wajah, sama sekali tidak ada sensasi tertarik di wajah. Awalnya ngerasa kayak kurang bersih, tapi namanya minim busa jadi tak membuat kulitku kering dan tetap menjaga kelembaban kulit.

Harga Cosrx Salicylic Acid Gentle Cleanser : Rp116.000

Harga Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel : Rp76.000


Toner


Untuk mengunci kelembaban setelah mencuci muka, tahap selanjutnya adalah toner. Aku sempat menggunakan beberapa merk Toner yang ternyata cukup berpengaruh, sayangnya harganya juga lumayan sehingga aku memutar haluan mencari toner yang selain harganya pas di kantong, juga mudah dijangkau. Ternyata syarat itu jatuh kepada Herborist Air Mawar. Kalian bisa dengan mudah menemukannya di mini market terdekat. Pertama kali agak aneh, khawatir tidak cocok. Tapi, waktu itu darurat banget karena buru-buru di mini market, alhasil aku tertarik mencoba air mawar dari Herborist ini. Untuk teksturnya seperti air mawar pada umumnya, warnanya bening, jernih dan konsistensi kekentalannya itu seperti air biasa. Tidak ada kandungan alkohol, yang aku suka adalah aroma mawarnya yang sangat lembut. Sehingga aku tidak merasa sensistif atau terganggu ketika mengaplikasikan ke wajah. Sayangnya, yang aku tahu ukuran botolnya hanya ada yang kecil yaitu 100ml. Ayo dong, herborist launching produk yang sama dengan ukuran besar wkwk. Penggunaannya jelas terlihat setelah satu minggu pemakaian di aku. Wajah jauh lebih cerah dan sesuai manfaatnya membuat lebih segar. 

Harga : Rp9.000


Moisturizer

Selanjutnya adalah pelembab! Oke, sebelumnya aku ingin memberitahu kalau penggunaan pelembab ini opsional buatku. 

Morning 
Aku sebut opsional karena penggunaannya aku sesuaikan dengan waktu kerjaku. Berhubung Senin-Jumat aku kerja, Sabtu dan Minggu libur maka penggunaan pelembab ini aku gunakan di hari libur. Karena aku jarang keluar rumah, makanya aku hanya menggunakan pelembab yang tentunya mengandung SPF 15. Selang dua jam atau usai zuhur aku reapply sun screen yang lebih ringan dan tidak terlalu pricey. Btw, untuk ulasan Emina Bright Stuff Moisturizer SPF 15 ini sebetulnya sudah pernah aku post. Klik di sini untuk membacanya.

Harga    : Rp17.500

Night
Pelembab malam tentu beda dengan di pagi hari. Untuk malamnya, aku menggunakan duo combo ini sebagai penutup skincare di malam hari. Aku menggabungkan Somethinc Bakuchiol Oil Serum + Wardah Night Cream Lightning Series. Metode ini dikenal sebagai Metode Telur Ceplok. Wkwkwk macam nama makanan aja, jadi laper kan. Ternyata, setelah mengaplikasikan dengan metode tersebut, sangat membantu. Hasilnya di pagi hari kulit wajah terasa jauh lebih kenyal dan tentunya lembab!
Kalian bisa baca ulasan Somethinc Bakuchiol Oil Serum di sini ya.

Untuk pelembab malam yang aku gunakan yaitu Wardah Night Cream Lightning Series. Produk ini adalah satu-satunya favorit aku. Karena hanya ini yang cocok di wajahku. Pertama kali mencoba, aku langsung jatuh cinta. Karena wajahku menerimanya dengan sangat baik! Bahkan dalam waktu dua minggu sudah terlihat perubahannya. Kulitku jarang bruntusan, noda bekas jerawat memudar dan tentunya membuat kulit lebih kenyal. Teksturnya watery gel, jadi ketika diaplikasikan ada sensasi dingin dan sangat mudah menyerap kulit. Apalagi ketika digabung dengan oil serum, combo yang sangat mantap jiwa! Packagingnya ada dua jenis, satu yang berbentuk tube mini dengan ukuran 20ml dan satunya berbentuk bulat. Sayangnya kekurangan dari packagingnya tidak ada tambahan spatula, sehingga kita harus membersihkan tangan sebelum mengaplikasikan pelembab ini ke wajah.

Harga Somethinc Bakuchiol Oil Serum    : Rp89.000

Harga Wardah Night Cream Lighting Series    : Rp34.000


Protection

Lanjut si tameng buat #menolaktua. Ini namanya tabir surya atau Sun Screen. Tau gak sih, poin penting dari seluruh perawatan kulit kita kuncinya itu adalah ini. Rasanya sia-sia aja beli skincare mahal dan berlayer-layer tapi melewati tahapan ini. Inget ya, bestie ini tuh penting banget. Karena kita tahu efek buruk sinar matahari ketika pukul delapan pagi sampai empat sore ini sangat berbahaya bagi kulit di jangka panjang yaitu penuaan dini. Sekarang aja kita ngerasa gapapa sama kulit tapi coba cek deh, flek hitam yang muncul di wajah kira-kira selama ini kamu tahu ga? Ayo, mumpung belum telat kamu bisa menggunakannya secara rutin ya! 
Oke, ulasan si tabir surya ini sebetulnya sudah lama kali ingin aku posting. Tapi, selalu saja ada kendala. Aku tertarik mencobanya karena waktu itu sedang viral di sosial media. Karena tertarik terutama liat packagingnya yang lucu :D. Pengalaman aku menggunakan tabir surya Carasun terutama ketika pemakaian pertama kali itu agak sumuk. Iya, rasanya tu macam gerah padahal aku pake di pagi hari, tapi ini ga ganggu sebenarnya. Untuk di kulitku juga membantu banget dalam melembabkan makanya aku tidak menggunakan pelembab lagi sebelum ini karena sudah cukup buat kulitku dalam menjaga kelembaban. 
Teksturnya seperti seringan awan sesuai dengan klaimnya yang lembut dan juga menghidrasi kulit. Tidak ada aroma wewangian dan warnanya putih gading. Mudah diblend dan tidak membuat kulit menjadi kusam. Hanya saja kalau terkena mata amat perih, jadi harus berhati-hati ya!

Harga    : Rp69.000

Baiklah teman-teman mungkin untuk sharing skincare routinenya sampai sini ya. Lain waktu aku akan posting daily make up routine ala aku qkqkkqkq. Ga perlu ditunggu tapi nanti bakal ada kok. Stay tune di blog dan semoga harimu menyenangkan!

CHEERS💕

LUV.
ZF


You May Also Like

0 comments