Recipe : Nastar Lumer tanpa Keju

by - Mei 09, 2020

Pas banget sebentar lagi mau lebaran nih. Udah bikin kue apa teman-teman? Biasanya kue kering satu ini adalah salah satu kudapan yang cocok dan selalu disajikan ketika lebaran. Nastar. Bentuknya mungil dan ukurannya yang sekali hap gemes banget kalau dimakan. Rasanya legit karena di dalamnya ada selai nanas dan juga aromanya wangi.

Resep ini aku dapat dari youtube, udah aku cobain dan berhasil (harap maklum sama bentuknya yah, karena aku newbie buat bikin kue kering tapi rasanya dijamin endeus😋). Nastarnya bener-bener lumer di mulut. Kuy, coba praktekkan di rumah.

Bahan-bahan :

  1. 150 gr Margarin
  2. 3 sdm Susu Bubuk
  3. 2 sdm Tepung Maizena
  4. 1/2 sdt Vanili Bubuk
  5. 3 sdm Gula Halus
  6. 200 gr Tepung Terigu pro rendah
  7. 1 butir Kuning Telur
  8. Selai Nanas (resepnya bisa lihat disini)

Bahan Olesan :

  1. 2 butir Kuning Telur
  2. 1 sdm Susu Cair
  3. 1 sdm Minyak Goreng

Cara Membuat :

  • Masukkan margarin, gula halus dan vanili ke dalam wadah lalu aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang kurang lebih selama 2 menit (kalau kamu ga ada mixer bisa pakai whisk yah, diaduk sampai halus dan merata)
  • Tuangkan 1 butir Kuning Telur lalu mixer kembali hingga merata
  • Setelah tercampur rata, masukkan satu per satu mulai dari susu bubuk dan tepung maizena. Aduk rata menggunakan spatula
  • Pisahkan adonan margarin menjadi dua (hal ini dilakukan supaya adonannya ketika sudah ditambah tepung terigu tidak menjadi keras dan hasilnya akan retak). Tambahkan tepung terigu, masing-masing adonan margarin aku pakai 100 gr tepung terigu. Bila dirasa masih lengket bisa ditambah terigu secukupnya sampai tidak terlalu lengket dan keras.
  • Adonan yang pas seperti gambar ini (mudah dibentuk dan tidak cracky/retak)
  • Isi dengan selai yang telah dibentuk bulatan kecil. Untuk ukuran nastar bisa disesuaikan ya teman (aku menggunakan takaran sendok teh jadi ukurannya pas buat sekali hap hehehe). Setelah dibentuk bulat susun di loyang yang sudah dioles margarin. (Oh ya sembari membentuk adonan bulat-bulat, pastikan oven telah dipanaskan dengan suhu 150° selama 20 menit)
  • Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan lalu panggang untuk step pertama selama 25 menit di suhu 130° api bawah
  • Setelah 25 menit, keluarkan dan tunggu hingga dingin. Lalu oleskan adonan olesan di atasnya
  • Masukkan kembali ke dalam oven dan panggang di step 2 ini dengan suhu 150° selama 20-25 menit api atas sampai warnanya berubah menjadi cokelat keemasan
  • Setelah matang dan warnanya cukup enak dipandang mata, keluarkan dan tunggu hingga dingin baru dimasukkan ke dalam toples (kalau kamu ngeliat bentuknya retak-retak, itu gak masalah karena masih panas. nanti pas udah suhu ruang, ia bakal nutup lagi kok. jadi tenang aja, nastar bikinanmu pasti berhasil).
  • Tadaaa... Hasilnya cantik, rasanya juga endeuss. Lumer di mulut.

Gampang bukan? Sebenarnya kalau punya budget lebih bisa beli yang udah jadi. Kalau bikin sendiri, lumayan lah bisa mengatur pengeluaran hehe. Juga bisa buat usaha kue kering, sekalian belajar masak yaaa.

Selamat Mencoba 😊

You May Also Like

0 comments